Jumat, 20 Februari 2015

Menelusuri Keistimewaan Yogyakarta

Kota Yogyakarta memiliki kombinasi yang unik antara tradisi, budaya, bangunan bersejarah dan
tentunya wisata belanja. Karenanya, kota yang juga bisa disebut sebagai kota budaya ini juga
menjadi tujuan wisata pilihan para wisatawan.

Menelusuri Keistimewaan Yogyakarta
Yogyakarta atau Jogja memang telah terkenal sebagai tujuan wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan. Banyak hal yang ada di Jogja menjadi daya tarik wisatawan, mulai dari seni dan budaya hingga bangunan peninggalan sejarah serta keindahan alamnya. Dan satu lagi yang terkenal dengan kota ini, yaitu makanan khas Gudeg Jogja. Oleh karena itu, tak heran betapa ramainya Jogja saat musim liburan tiba. Bahkan ada ungkapan, sekali Anda ke Jogja pasti akan rindu untuk kembali. Jogja memang istimewa.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke kota ini, berikut adalah beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang dapat dikunjungi:

Malioboro, nama jalan yang mendunia 

Nama Jalan Malioboro tentu tidak asing bagi Anda yang hobi berwisata. Jalan ini terkenal sebagai pusat belanja cinderamata khas Jogja. Berbagai macam oleh-oleh bisa Anda borong di tempat ini, mulai dari gantungan kunci, baju batik hingga blangkon. Berjalan menelusuri ruas jalan Malioboro dan "berebut" harga dengan pedagangdi sana tentu menjadi pengalaman tersendiri. Selain itu, Anda dapat menemukan Stasiun Tugu di ujung jalan ini dan Pasar Bringharjo sisi sebelah selatannya. Pasar Bringharjo adalah pasar tradisional terlengkap di kota ini.




Di pasar ini Anda bisa menemukan berbagai jenis batik, souvenir dan lainnya. Kemudian di ujung jalan lainnya, Anda juga dapat menikmati keindahan arsitektur bangunan tua, seperti Benteng Vredeburg dan gedung KCU Yogyakarta yang iconic.

Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat 

Bentuk keluhuran budaya para leluhur terangkum dalam keindahan tradisi di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Di sana juga terekam lengkap sejarah kerajaan dari awal berdirinya hingga masih bertahan hingga kini. Anda juga dapat mengunjungi kawasan Alun-alun Selatan atau Alun-alun Utara yang samasama memiliki keramaian dan keramahan khas Jogja.

Wisata Candi


Jogja adalah tempat yang tepat bagi Anda yang menyukai wisata sejarah. Banyak candi-candi yang dapat dikunjungi, seperti Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Candi Mendut, Candi Borobudur dan masih banyak lainnya. Anda dapat menjelajahi kemegahan candi-candi tersebut dan merasakan kejayaan masa lalu.

Petualangan alam

Jogja memiliki paket alam yang lengkap, ada gunung dan pantai yang dapat Anda kunjungi. Di sebelah utara Anda bisa bersantai di kawasan wisata Kaliurang. Anda juga dapat menyambangi Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Merbabu untuk merasakan kesejukan udara pegunungan. Selain itu, sempatkanlah ke Gunung Merapi untuk melihat sisa-sisa kedahsyatan letusannya.

Bagi yang menyukai wisata alam (ecotourism), Hutan Wanagama adalah tempatnya. Kamudian, Anda juga dapat mampir ke pantai-pantai yang ada di Jogja seperti, Pantai Parangtritis, Pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal dan lainnya. Di sana Anda dapat bermain ombak dan makan ikan bakar yang disajikan hangat. Suasana pantai tentu membuat liburan Anda makin menyenangkan.

Souvenir Unik Miniatur Becak dan Sepeda

Gemilti, Art & Craft menjual miniatur becak dan sepeda onthel. Selain itu, Gemilti juga menerima pemesanan souvenir atau pelakat berbahan logam. Jika Anda tertarik, Anda dapat mengunjungi langsung tempat pembuatan dan tokonya di Gg. Mustaghfirin, RT. 11/03, Kotagede, Yogyakarta.
Batik Kayu Hasta Indah, pusat kerajinan batik kayu beralamat di Jalan Imogiri Timur, No 232, Yogyakarta. Tempatnya persis didepan Terminal Giwangan. Batik kayu dengan beragam corak dan bentuk.

Ada yang hanya sekadar penghias meja, ada pula yang dapat dipakai seharihari seperti cermin, nampan serta tutup saji. Harganya pun relatif aman untuk kantung. Anda bisa membeli satuan atau sekalian memborong untuk dibagibagikan pada sanak keluarga.

Aksesoris dan souvenir berbahan batok kelapa

Umi Handicraft menjual berbagai aksesoris dan souvenir berbahan baku tempurung, kayu, keramik, bambu hingga eceng gondok. Ditempat ini Anda dapat memborong berbagai produk unik bernuansa etnik, seperti tas batok dompet, ikat pinggang, kalung, gelang, dan lainnya. Anda tertarik? Silahkan mengunjungi tempat pembuatan dan tokonya beralamat di Jalan Madubronto Wirobrajan 3/377, Patangpuluhan, Yogyakarta.

Perak Berkualitas

Jogja terkenal dengan kualitas perak yang baik dan disainnya yang menawan. Beragam produk kerajinan dari perak dapat anda temui daerah di Kotagede, Yogyakarta. Salah satu toko yang dapat Anda sambangi adalah Narti's Silver. Beralamat di Jalan Tegalgendu No.22, Kotagede, Yogyakarta.

Wayang Kulit

Ingin membawa oleh-oleh dengan nilai budaya tinggi? Mampirlah ke tempat Hadi Sukirno, produsen aneka kerajinan kulit, kayu dan gamelan di Jalan Letnan Jendral S. Parman, No. 35, Yogyakarta. Anda dapat memilih wayang kulit yang dijual olehnya atau membawa satu set wayang sekaligus. Jika ingin aksesoris berbentuk wayang, jangan kuatir tempat ini juga menjualnya.

Petualangan Kuliner

Jika Anda ingin menikmati makanan khas Jogja seperti gudeg, Anda bisa mampir ke Wijilan. Daerah ini terkenal dengan makanan gudeg. Sepanjang jalan Wijilan, berjejer warung gudeg yang menjajakan gudeg basah atau kering, dengan berbagai macam !auk pauk seperti krecek, telur, ayam, tempe dan tabu bacem. Kampung Wijilan terletak di sebelah Timur dari Alun Alun Utara Jogja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar