Sabtu, 29 November 2014

Tempat Wisata di Lombok

Tempat Wisata di Lombok
Lombok menyimpan banyak potensi wisata yang tidak boleh dilewatkan. Pulau di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini memiliki beragam tempat wisata di lombok atau destinasi wisata yang menyajikan ketenangan dan kenyaman dalam menikmati liburan. Udara yang segar dan pemandangan alam yang elok, menjadikan Lombok sebagai salah satu lokasi berlibur pilihan wisatawan.

Di Lombok, anda dapat melakukan beragam kegiatan wisata, dari sekedar menikmati suasana Pantai Senggigi hingga mendaki Gunung Rinjani. Berikut ini adalah beberapa alternatif  Tempat wisata yang ada di Lombok:



Wisata Sejarah


Di Lombok ada bangunan kerajaan yang didirikan pada masa lampau yang dapat anda kunjungi. Anda juga dapat mengunjungi Pura Lingsar yang merupakan tempat ibadah umat Hindu dan masyarakat yang berkeyakinan Islam Waktu Telu. Anda juga bisa berwisata ke Taman Narmada yang merupakan tempat istirahat Para raja pada masa kerajaan Hindu tempo dulu. Selain itu, anda juga dapat mengunjung, bangunan peninggalan kerajaan hindu dan taman-taman asri lainnya di Lombok seperti Mayura, Suranadi, dan Pura Batu Bolong.

Selain menikmati bangunan bersejarah di Lombok, anda pun dapat mengetahui lebih dalam kehidupan masyarakat asli Lombok dengan berkunjung ke desa-desa adat,seperti Desa Senaru atau biasa disebut Karang Bajo. Di desa yang berada di utara Pulau Lombok ini, ada beberapa rumah adat Suku Sasak yang masih lestari hingga kini. Selanjutnya ada Desa Sade dengan Desa Rambitan, kedua desa tersebut juga merupakan desa tradisional Suku Sasak. Berikutnya anda dapat berkunjung di Desa Banyumulek untuk menyaksikan cara pembuatan kerajinan keramik tradisional dan Desa Sukarara yang merupakan penghasil tenun tradisional khas Lombok yang termasyur.

Wisata Pantai


Pantai di Lombok terkenal sangat asri dan bersih. Banyak pantai yang dapat anda nikmati, diantaranya Pantai Senggigi, Pantai Kuta, Batu Bolong, Kerandangan, Pantai Batu Layar, Pantai Ano dan masih banyak pantai lainnya yang siap memberikan anda suasana pantai yang tenang, asri dan tentunya memberikan pengalaman tidak terlupakan. Tidak hanya itu, air laut Lombok begitu bersih dan jernih, sehingga tidak perlu terjun ke dalamnya jika ingin melihat indahnya terumbu karang. Dari atas perahu pun anda sudah bisa melihat indahnya kehidupan bawah laut Lombok.


Wisata Alam


Selain wisata pulau dan pantai, lombok juga memiliki wisata alam tidak kalah indahnya, seperti lainnya. Sebagai awal perjalanan anda dapat menyaksikan kehidupan kera sambil memberi makan dari jalan di Hutan Wisata Baun Pusat kemudian di lanjutkan menuju air yang berada di kaki Gunung Rin; bernama Air Terjun Tiu Kelep dan Terjun Sendang Gila. Air terjun ini diyakini oleh masyarakat Lombok memberikan ketenangan pikiran juga kesehatan.

Wisata Gili


Saat berada di Lombok, anda dapat mengunjungi Gili atau pulau kecil yang melengkapi perjalanan wisata. Anda dapat mengunjungi tiga pulau wisatanya yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, yaitu Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno.

Fasilitas wisata di pulau-pulau ini sangat lengkap dan bebas gangguan pedagang asongan. Tak perlu takut polusi, tiga Gili yang ada di Lombok ini dijamin bebas polusi. Karena kendaraan bermotor dilarang keras beroperasi di pulau-pulau tersebut.

Wisatawan pun bisa berkeliling pulau dengan nyaman menggunakan sepeda ataupun Cidomo sejenis kereta kuda khas Lombok. Selain tiga Gili tersebut, ada juga empat Gili lain yang sama eloknya, yaitu Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Sudak, dan Gili Kedis.

Mendaki Gunung Rinjani


Air Panas Di Gunung Rinjani
Gunung Rinjani adalah gunung yang  di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl dan merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Gunung yang merupakan salah satu gunung favorit bagi pendaki Indonesia ini banyak dikunjungi pencinta alam mulai dari penduduk lokal, mahasiswa yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Rinjani, dan wisatawan asing setiap tahunnya, terutama di bulan Juni hingga Agustus.

Untuk mencapai puncak anda bisa mendaki dari Desa Senaru atau Desa Sembalun Lawang. Kebanyakan pendaki menyukai pendakian dari arah Sembalun. Rute Sembalun agak panjang tetapi datar namun cuaca Iebih panas karena melalui padang savana yang terik. Sedangkan dari arah Senaru tanjakan tanpa jeda, tetapi cuaca Iebih sejuk karena melalui hutan. Selain puncak Gunung Rinjani, anda juga dapat mengunjungi danau kawah Segara Anakan.

Wisata Kuliner


Tidak lengkap rasanya berkunjung ke suatu daerah tanpa menyantap masakan khas daerah tersebut.
Begitu juga jika kita berwisata ke Lombok pastinya ingin mencicipi menu khas Lombok. Untuk itu, anda dapat menyambangi Rumah Makan Taliwang yang menyajikan menu spesial Ayam Taliwang bersama bumbu pedasnya, beberok, serta pelecing kangkung ala Pulau Lombok. Anda juga dapat
mengunjungi daerah Sesaot atau Suranadi. Di sana anda bisa menikmati sate ayam atau sapi yang terkenal dengan sebutan sate bulayak.

Wisata Belanja


Untuk anda yang senang berbelanja, ada tempat belanja produk khas Lombok yang terkenal seperti mutiara, perak dan kerajinan tangan lainnya. Banyak tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Karena disamping harganya yang murah, kualitasnya
produk di daerah ini sering di ekspor ke luar negeri.

Tempat favorit para wisatawan untuk berbelanja diantaranya adalah Desa Sukarara yang terkenal dengan produksi kain tenun tradisional Lombok dengan pewarnanya dari bahan daun serta
akar pepohonan. Anda juga dapat mengunjungi Desa Sekarbela yang menghasilkan kerajinan Mutiara dan Emas terbaik. Selain itu. anda dapat berbelanja di Pasar Cakranegara yang merupakan tempat belanja souvenir seperti Kaos Lombok dengan harga murah dan anda juga bisa membeli oleh-
oleh khas Lombok lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar