Jumat, 12 Desember 2014

Wisata di Bogor, Pura Terbesar di Jawa

Pura Gunung Salak, pengakuan riwayat Padjajaran di tanah Parahyangan. Belum banyak masyarakat Jakarta dan Bogor yang mengetahui, bahwa di kawasan Gunung Salak, tepatnya di Desa Taman Sari, Lereng Gunung Salak, terdapat sebuah pura yang merupakan pura terbesar di Jawa, setelah Pura Besakih.

Kemegahan dan keindahannya memang menjadi saksi umat Hindu yang berdatangan dari berbagai pelosok di Tanah Air. Berdirinya sang pura di Gunung Salak ini bukan tanpa alasan. Karena di sinilah konon kerajaan Hindu tanah Sunda yang termasyhur, Kerajaan Padjadjaran pernah berdiri di bawah pemerintahan Prabu Siliwangi.

Bahkan ada yang percaya di tempat ini, Prabu Siliwangi (menghilang bersama para prajuritnya). Hingga akhirnya sebelum membangun pura, umat Hindu lalu memutuskan untuk membangun terlebih dulu candi, dengan patung macan berwarna putih dan hitam. Sebagai penghormatan terhadap Kerajaan Padjadjaran, Kerajaan Hindu terakhir di tanah Parahyangan

Pura Terbesar di Jawa


Pura Parahyangan Agung Jagatkarta Taman Sari Gunung Salak, adalah komplek pura yang dibangun sejak 1995 dengan luas 2,5 hektar. Di sini terdapat empat area yang sangat suci, diantaranya area utama Ning Mandala. Di area ini hanya para pemangku agama saja yang bisa menjejakan kakinya. Area panting lainnya adalah Padmesana, yang merupakan tempat persemayaman Tuhan. Banyak ritual upacara yang biasa dilakukan di pura ini, salah satunya adalah Upacara Siwa Ratri. Siwa Ratri adalah hari suci untuk melaksanakan pemujaan ke hadapan Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa dalam perwujudannya sebagai Sang Hyang Siwa.

Kebersihan Pura pun juga terjaga dengan rapi. Setiap pengunjung baik umum maupun pemeluk agama Hindu yang akan beribadah, wajib menanggalkan alas kaki sebelum menapaki tangga menuju Pura. Khusus bagi wanita diwajibkan menggunakar selembar kain dan selendang, yang diikatkan dipinggang. Itulah sekelumit cerita tentang wisata di daerah Bogor yang bisa dijadikan referensi tempat wisata di Bogor.wn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar